Merawat Ayam aduan memang sedikit sulit dan memerlukan ketelatenan serta waktu yang sangat luang..Berikut ini cara merawat ayam aduan :

1.Penjemuran Ayam,menjemur ayam dilakukan pada jam 7-10 Pagi karena pada jam itu matahari mengandung vitamin yang akan memperkuat tulang ayam aduan.

2.Latihan Fisik,latihan fisik dapat dilakukan dengan beberapa cara.yang pertama dengan tekhnik kitter atau roncangan, yang kedua dengan merenangkan ayam(dalam 1 minggu paling tidak merenangkan ayam max 2x..itu akan membentuk otot2 pada kaki ayam sehingga pukulan ayam aduan akan bertambah berat serta meningkatkan ketepatan pukulan ke sasaran).yang ketiga dengan tekhnik menggiring ayam aduan atau bisa dikatakan melarikan ayam aduan itu ke tanah lapang,cara ini terbukti lebih efektif karena akan membuat ayam itu lebih tepat sasaran pukulnannya,lebih berat,ayam lebih gancang serta fisik ayam menjadi lebih kuat..

3.kandang umbaran(tenggaran)..untuk tenggaran ayam minimal harus berukuran 2x1m dengan tinggi kandang min 2m..tenggaran juga harus dikasih pasir halus dengan kedalamn pasir minimal 10cm karena pasir berfungsi untuk mandi ayam aduan karena itu akan menghilangkan lemak2(bantat)..dikhususkan untuk ayam jalu,tenggarannya harus ada petangkringan setinggi 1/2M….

4.nutrisi dan obat-obatan..Nutrisi yang biasanya diapakai untuk extrafooding adalah : 1. Tomat yang berfungsi untuk menambah darah dan meningkatkan kesehatan ayam aduan..2. mentimun yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan ayam aduan..3. pisang gajih yang berfungsi untuk tambahan nutrisi sehingga ayam kalau dijemur tidak lemas….”untuk obat-obatan biasanya saya memakai KAMLANG alias obat impor dari thailand..untuk mempercepat penyembuhan ayam yang habis tarung atau diabar..obat ini terbilang mahal..untuk kelas pemula bisa mengobati dengan TIEH TA WAN atau TIEH TA YAO GIN…

jangan lupa juga seminggu sekali memberikan jamu dengan racikan TELUR BEBEK,KUNYIT dan dikasih madu juga bisa…SALAM….Mungkin ada yang bisa di share…

About these ads